Selasa, 03 Februari 2015

RENCANA BISNIS part 2

BAB  II
PEMBAHASAN

A.        ANALISIS SWOT
1.      Faktor Internal
a.      Strength (Kekuatan)
1.      Keunggulan produk
Kami menawarkan suatu produk makanan sehat dengan harga yang ekonomis dan rasa yang lezat.
2.      Kreativitas
Kami menawarkan kreativitas baru dalam mengolah jenis pancake baru dengan memberi isian selai buah. Dimana yang kami gunakan disini adalah selai buah mangga dan buah naga.
3.      Bahan Baku Mudah di Dapat
Bahan baku pembuatan manga pancake ini tersedia banyak dan mudah di dapat serta harganya terjangkau.
4.      Kandungan yang terdapat pada buah naga dan mangga.
Buah naga merupakan sumber vitamin C, B1, B3, B12, kaya akan mineral dan serat, dapat mengontrol gula darah serta masih banyak lagi. Sedangkan buah mangga seperti yang sudah diketahui mengandung karbohidrat, serat pangan, vitamin A, B1 dan masih banyak lagi.
A.     Weakness (Kelemahan)
1.      Belum memiliki cukup pengalaman
Pengalaman untuk memulai usaha yang masih sangat minim merupakan suatu kelemahan yang harus diatasi.
2.      Kurangnya Sumber Daya Manusia
Keterbatasan sumber daya manusia sebagi produsen atau pembuat manga pancake.
2.    Faktor Eksternal
a.        Opportunities (Peluang)
1.      Banyaknya Konsumen
Banyaknya masyarakat yang menggemari pancake durian yang baru-baru ini hadir di tengah-tengah mereka membuat manga pancake memiliki peluang untuk menarik minat masyarakat. Itu karena kami menawarkan pancake dengan variasi berbeda yang sehat, enak dan harga yang terjangkau.
2.      Sistem pemasaran
Pemasaran yang akan kami lakukan cukup mudah. Kami akan memasarkannya di tempat tinggal yang ada di Kediri.
b.      Threats (Ancaman)
Salah satu bentuk ancaman yang dikhawatirkan bisa terjadi adalah keacuhan konsumen. Kurangnya pengetahuan masyarakat dengan produk terbaru kami. Dan belum memiliki kepastian pelanggan karena produk kami masih baru.

SWOT
FAKTA
PROGRAM STRATEGI
Strength
2.      Keunggulan produk
3.      Keterampilan dan keahlian
4.      Bahan baku mudah di dapat
1.      Tetap menawarkan harga yang mudah dijangkau.
2.      Tetap menyajikan standar makanan yang sehat dan lezat.
3.      Melakukan percobaan cita rasa isian pada pancake untuk membuat lebih banyak variasi.
Weakness
1.            Belum memiliki cukup pengalaman
2.             Kurangnya Sumber Daya Manusia
1.      Belajar berbisnis dengan segala fasilitas yang ada dan menjalin koneksi seluas-luasnya.
Opportunity
5.      Banyaknya konsumen
6.      Sistem pemasaran
1.      Melakukan program promosi jitu.
2.      Meningkatkan produksi
3.      Menjaga kualitas produk
Threat
1.      Keacuhan konsumen
1.      Melakukan promosi kepada konsumen.
2.      Menawarkan keuntungan yang didapat dengan membeli produk kami.
3.      Memperbaiki sistem manajemen.

B.         PERENCANAAN BISNIS

1.      Sasaran dan Target Pasar
 Sasaran kami adalah seluruh masyarakat dari segala usia. Untuk itu kami memulai promosi dari daerah sekitar tempat tinggal kami serta melakukan promosi pada teman sekolah, karena kami menganggap promosi akan lebih efektif jika terjadi dalam suatu kelompok. Selain itu kami juga mempunyai rumah produksi yang siap didatangi siapa saja dan siap melayani pemesanan.
Untuk itu, kami menggalakkan promosi di berbagai media social, seperti facebook, twitter, blog, dll. Hal ini kami maksudkan untuk memberi kemudahan dalam pemesanan dan pembelian produk kami.

2.      Pembiayaan
a.      Biaya Tetap (Fixed cost)
Di bawah ini sedikit alat yang kami gunakan:
No
Nama Barang
Jumlah Barang
Harga Satuan
Jumlah Harga
1
Kompor gas
1 buah
Rp 100.000
Rp 100.000
2
Tabung gas besar
1 buah
Rp 150.000
Rp  150.000
3
Wajan Teplon
1 buah
Rp 150.000
Rp  150.000
4
Plastik kemasan
1 pcs
Rp    2.000
Rp      2.000
TOTAL
Rp. 402.000

b.      Biaya Variabel  (Variable cost) - Per Produksi
Nama Barang
Jumlah Barang
Harga
Tepung Terigu
½ kg
Rp. 2.500
Susu cair UHT
1000 ml
Rp 32.500
Telur ayam
5 butir
Rp. 7.000
Margarin
½ kg
Rp. 10.000
Whip cream bubuk
½ kg
Rp. 13.000
Buah Naga
3 buah
Rp 8.000
Buah Mangga
3 buah
Rp 3.000
Jumlah Harga
Rp. 76.000
c.       Biaya total  =  Variable cost + Fixed cost
= Rp 76.000 + Rp 402.000
= Rp 478.000                             
d.      Biaya dan Harga Per Unit
1.      Biaya tetap yang dibutuhkan untuk 1 kali produksi adalah Rp 478.000 : 10 Kali = Rp 47.800
2.      Total biaya produksi yang dikeluarkan per produksi = Rp 47.800 + Rp 76.000 = Rp 123.800
3.      Biaya per unit adalah Total biaya produksi dalam 1 kali produksi : jumlah produk yang dihasilkan per bulan Rp 123.800 : 100 buah = Rp 1.238
4.      Harga jual per buah Rp 3.000
e.       Modal Awal
Modal awal    = Total Biaya Tetap + Biaya Variabel untuk 1 kali produksi
                        = Rp 76.000 + Rp 402.00 = Rp 478.000                             
f.        Analisis Titik Impas (Break Even Point)
1.      BEP harga       = Total biaya produksi untuk 1 kali produksi : Produksi
= 76.000 : 100 buah = Rp 760
2.      Harga jual per unit Rp 3.000
BEP produksi  = Total biaya produksi untuk 1 kali produksi : Harga per unit
= Rp 76.000 : 3.000 = 25 buah
Jadi, untuk mencapai titik impas maka dalam 1 kali penjualan manga pancake yang harus terjual adalah 25 buah dengan harga per buah adalah Rp 3.000
g.       Analisis Keuntungan
1.      Pendapatan : pancake yang terjual x harga jual
 = 80 x Rp 3.000 = Rp 240.000
2.       Total biaya produksi dalam 1 kali produksi : Rp. 76.000
3.      Keuntungan    = Pendapatan –Total biaya produksi
= Rp 240.000  – Rp 76.000 = Rp 164.000
Jadi, keuntungan yang diperoleh dengan menjual 80 buah manga pancake dengan harga Rp 3.000 per buah dalam 1 kali produksi adalah Rp 164.000
h.      Pengembalian Modal   
Total biaya Produksi : Laba usaha      
= Rp 402.000: Rp 164.000
= 2,5 atau 3  kali produksi      
Jadi modal akan kembali dalam jangka waktu 3 kali produksi.

C.  STRUKTUR ORGANISASI
1.      Job Description (Tugas – tugas tiap Bagian)
Manager :
a. Mengawasi setiap kegiatan karyawan dan kegiatan yang ada di  perusahaan.
b.  Menilai dan mengontrol kinerja setiap karyawannya.
c. Menentukan pengambilan keputusan setiap rencana atau kegiatan  perusahaan yang akan  dilaksanakan.
d. Memberhentikan karyawan apabila terjadi hal yang dilakukan karyawan yang dapat merugikan perusahaan.
e.  Menggaji Karyawan
2.      Bagian Personalia :
a. Menyeleksi dan merekrut karyawan dengan kriteria – kriteria tertentu berdasarkan kriteria yang ada di dalam perusahaan.
b. Mengevaluasi setiap kinerja karyawan.
3.      Bagian Keuangan :
a. Membuat laporan keuangan setiap bulan dan melaporkannya langsung kepada manager.
b. Melaksanakan perintah manager dalam hal penggajian.
c. Mencatat semua transaksi yang terjadi di perusahaan dengan jelas dan menghitungnya secara akurat.
4.      Bagian Administrasi:
a. Menyimpan arsip atau berkas – berkas perusahaan.
b. Merawat dan memelihara arsip – arsip perusahaan.
c. Membuat arsip perusahaan.
5.      Bagian Kasir :
a. Mencatat secara langsung transaksi yang terjadi dengan konsumen.
b.  Memberikan rangkapan bon pembelian kepada bagian keuangan dengan jelas dan terperinci.
6.      Bagian Produksi :
a. Membuat atau memproduksi bahan baku menjadi barang jadi yaitu masakan.
b. Mengontrol setiap produksi yang di jual kepada konsumen.
c. Berinovasi setiap saat dari segi cita rasa dan penyajian dengan mengikuti perkembangan yang ada.



BAB III
PENUTUP

A.   Kesimpulan
Manga Pancake pemasaran pada tahap awal kami lakukan melalui mulut ke mulut, lalu tahap selanjutnya dilakukan melalui media sosial seperti blog, facebook, twitter. Harga yang kami tetapkan cukup terjangkau oleh masyarakat menengah ke bawah.merupakan suatu jenis makanan yang kami buat dengan memberikan variasi rasa yang baru.

B.     Saran

Produk kami mengutamakan kepada unsur kesehatan dan kehalalan yang terkandung di dalamnya. Sehingga produk kami berbeda dan lebih unggul daripada pancake yang sudah ada dipasaran. Oleh karena itu, keterampilan dan keahlian menjadi sangat penting dalam produksi kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar